1.1.1.1 Diluncurkan untuk Internet Lebih Cepat dan Lebih Pribadi bagi Semua Orang

Cloudflare dan APNIC bermitra untuk membantu membangun Internet yang lebih baik


SAN FRANCISCO, April 03, 2018 (GLOBE NEWSWIRE) -- Cloudflare, perusahaan kinerja dan keamanan Internet terkemuka, hari ini mengumumkan 1.1.1.1, DNS resolver publik pertama yang dibangun dengan prinsip mengutamakan privasi. 1.1.1.1 akan memastikan Internet yang lebih pribadi dan lebih cepat untuk semua pengguna di mana saja, semuanya tanpa biaya.

Hampir semua hal di Internet dimulai dengan permintaan DNS. DNS merupakan direktori Internet. DNS menerjemahkan nama yang familiar bagi manusia seperti www.example.com ke alamat Internet numerik yang dipahami komputer. Hampir tidak ada hal yang terjadi di Internet tanpa permintaan DNS terlebih dulu.

Namun, DNS secara default merupakan sistem yang tidak aman, tidak terenkripsi, dan seringkali berjalan lambat. Penyedia Layanan Internet (ISP) dan entitas lainnya di Internet dapat memonitor permintaan DNS untuk melihat semua situs dan aplikasi yang dikunjungi pengguna, bahkan jika situs atau aplikasi tersebut terenkripsi. Beberapa penyedia DNS bahkan menjual data tentang aktivitas pengguna Internet atau menggunakannya untuk menyebarkan iklan yang ditargetkan.

Dengan 1.1.1.1, kini ada sebuah alternatif. DNS resolver ini menawarkan keamanan dan kecepatan yang tak tertandingi dan mendukung baik DNS dan DNS terenkripsi melalui HTTPS. Data dari log dihancurkan setelah 24 jam dan tidak ada alamat IP atau data pengguna yang disimpan.

“Menurut kami sangat menyeramkan bila data pengguna dijual ke pengiklan dan digunakan untuk menargetkan konsumen tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka,” ucap Matthew Prince, pendiri dan CEO Cloudflare. “Sejujurnya, kami tidak tahu yang dilakukan orang-orang di Internet—itu bukan urusan kami—dan kami mendesain 1.1.1.1 untuk memastikan bahwa kita, bersama dengan ISP di seluruh dunia tidak perlu mengetahuinya.”

Cloudflare bermitra dengan APNIC, organisasi nirlaba yang mengelola alokasi alamat IP untuk Asia-Pasifik, dalam mengembangkan 1.1.1.1.

“Di APNIC Labs, kami menyadari bahwa DNS tidak selalu pribadi, cepat, atau aman, dan kami selalu mencari cara baru untuk meningkatkan cara kerjanya,” ucap Geoff Huston, Kepala Ilmuwan di APNIC. “Kami bekerja dengan Cloudflare untuk menyempurnakan fungsi Internet dasar ini sehingga para pengguna memiliki pengalaman yang lebih pribadi dan lebih cepat.”

Cloudflare bekerja dengan browser utama, sistem operasi, produsen aplikasi, platform awan, dan perodusen router untuk mengaktifkan DNS melalui HTTPS. Mozilla sedang berusaha untuk mengintegrasikan standar tersebut ke browser Firefox mereka:

“Seperti halnya Cloudflare, Mozilla peduli tentang membuat Internet lebih cepat dan lebih sadar privasi sehingga orang-orang mendapatkan pengalaman yang lebih baik di web,” ucap Selena Deckelmann, Direktur Teknik Senior, Firefox Runtime di Mozilla. “Kami selalu mencari teknologi baru seperti DNS melalui HTTPS guna memastikan Firefox bekerja dengan canggih dalam kecepatan, privasi, dam meningkatkan kehidupan secara online.”

Pemasangan 1.1.1.1 memakan waktu kurang dari lima menit dan tidak memerlukan kemampuan teknis atau perangkat lunak khusus. Tersedia untuk perangkat selulerkomputer desktop, dan bahkan router rumah untuk semua pengguna di seluruh dunia, gratis.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai 1.1.1.1, lihat sumber informasi di bawah.

Mengenai Cloudflare
Cloudflare, Inc. (www.cloudflare.com / @cloudflare) menjalankan misi untuk membantu membangun Internet yang lebih baik. Saat ini, perusahaan ini menjalankan salah satu jaringan terbesar di dunia yang mendukung lebih dari 10 triliun permintaan per bulan, yang nyaris 10 persen dari semua permintaan Internet untuk lebih dari 2,5 miliar manusia di seluruh dunia. Cloudflare melindungi dan mempercepat setiap aplikasi Internet secara online tanpa menambahkan perangkat keras, menginstal perangkat lunak, atau mengubah baris kode. Properti Internet yang didukung oleh Cloudflare mengarahkan semua lalu lintas web melalui jaringan global cerdasnya, yang menjadi semakin cerdas dengan setiap penambahan situs. Karena itulah mereka melihat peningkatan yang signifikan dalam performa dan penurunan serangan spam dan serangan lainnya. Cloudflare mendapat pengakuan dari Forum Ekonomi Dunia sebagai Pionir Teknologi, mendapat gelar Perusahaan Teknologi Jaringan & Internet yang Paling Inovatif selama dua tahun berjalan dari Wall Street Journal, dan berada di antara 50 perusahaan paling inovatif di dunia menurut Fast Company. Berkantor pusat di San Fransisco, California, Cloudflare memiliki kantor di Austin, Texas; Champaign, Illinois; Boston, Massachusetts; Washington, District of Columbia; London; dan Singapura.

Kontak:
Daniella Vallurupalli
Komunikasi
daniella@cloudflare.com 
press@cloudflare.com 
650-483-4463